Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil



Mengandung dan memiliki momongan adalah impian setiap orang. Apalagi jika Anda hamil untuk yang pertama kalinya, pastinya sangat menyenangkan karena hal tersebut merupakan sesuatu yang dinanti-nantikan.

Lantas bagaimana dengan perawatan kulit? Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika ingin melakukan perawatan saat sedang hamil. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis kosmetik baik untuk ibu hamil, ada beberapa kosmetik yang harus dihindari hingga bayi dilahirkan. Beberapa bahan kosmetik yang harus dihindari adalah kosmetik yang memiliki kandungan differin (adapalene), Retin-A, Renova (tretinoin), asam Retinoic, Retinol, asam salicylic, BHA, Retinyl linoleate, Retinyl palmitate atau Tazora. Lantas jenis kosmetik apa saja yang mengandung bahan-bahan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil

Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil

Perawatan kecantikan kulit menggunakan kosmetik merupakan hal yang tidak terpisahkan bagi wanita. Namun beberapa kosmetik tertentu yang harus dihentikan sementara saat sedang mengandung untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti cacat lahir, gangguan kesehatan pada janin, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada janin. Seperti yang dikutip dari vemale.com berikut ini beberapa kosmetik yang harus dihindari:

Sebagian besar obat jerawat mengandung retinoid, retinol atau asam salisilat yang jika digunakan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacar lahir pada bayi, oleh sebab itu hindari penggunaan obat jerawat. Sebagai salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti tomat, daun jambu biji, lemon atau bawang putih.

Cream malam atau anti aging
Cream malam atau anti aging bisanya mengandung retinoid, retinol atau turunan vitamin A yang harus dihindari bahkan beberapa bulan sebelum Anda merancanakan kehamilan.

Parfum atau wangi-wangian yang berbau tajam
Parfum, kosmetik, deodoran atau segala sesuatu yang berbau tajam juga harus dihindari karena dapat menjadi racun bagi kandungan.

Cream pemutih
Cream pemutih sebaiknya juga dihindari ketika sedang hamil. Apalagi cream pemutih abal-abal yang mengandung  mengandung hidrokuinon atau merkuri. Karena dapat menyebabkan kematian janin atau cacat lahir.

Oleh sebab itu bacalah dengan teliti bahan yang terdapat dalam cream atau kosmetik yang akan Anda gunakan. Jika masih belum yakin dengan yang Anda gunakan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.