6 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Dalam Tubuh



Manfaat kolagen memang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk membuatnya lebih kencang, menjaga elastisitasnya dan tentunya dapat mengatasi penuaan dini. Karena semakin bertambahnya usia dimulai dari usia 25 tahun ke atas, tubuh kita akan kehilangan kolagen sedikit demi sedikit. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dengan beberapa hal. Apa sajakah itu? Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini enam cara yang dapat Anda coba dirumah.

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen

Gunakan produk kosmetik yang dapat meningkatkan kolagen
Ada beberapa produk kosmetik yang menggunakan bahan alami untuk meningkatkan kolagen. Pilihlah kosmetik yang mengandung retinol, tretinoin, dan preptides.

Beberapa kandungan bahan tersebut dapat meningkatkan kolagen. Anda dapat melihatnya pada label kosmetik, apakah kosmetik yang Anda pilih terdapat kandungan bahan tersebut atau tidak.

Omega 3
Omega 3 dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh Anda. Selain itu, Omega 3 juga dapat mencegah radikal bebas dan mengatur produksi minyak pada kulit Anda.

Gunakan sunscreen
Dengan menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah dapat melindungi kulit tubuh Anda dari paparan sinar matahari. Karena sinar matahari yang menyinari kulit secara langsung dapat mengurangi produksi kolagen pada kulit.

Bersihkan sel-sel kulit yang telah mati
Sel-sel kulit yang telah mati harus segera dibersihkan agar sel-sel kulit baru dapat segera tumbuh menggantikan yang lama. Hal tersebut mempengaruhi produksi kolagen juga meningkat.

Antioksidan
Tubuh kita membutuhkan antioksidan yang cukup. Anda dapat memenuhinya dengan memperbanyak makan buah atau sayur yang mengandung antioksidan seperti berry dan pomegranate. Kandungan antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh Anda.

Konsumsi Vitamin C
Vitamin C yang banyak terdapat dalam seperti jeruk, paprika, brokoli, dan masih banyak lagi dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi beberapa makanan tersebut.

Dengan banyaknya kolagen dalam tubuh dapat membuat kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet  muda. Lantas bagaimana jika kulit Anda berwarna gelap? Jangan khawatir, Anda dapat mencoba cara memutihkan kulit sehingga terlihat lebih cerah.