Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Tubuh



Kulit tubuh kita memang memerlukan asupan vitamin E yang cukup agar lebih sehat dan cantik. Sebenarnya vitamin E tidak hanya bagus untuk kulit, namun juga dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena terdapat antioksidan didalamnya.Sehingga dapat mencegah kita dari penuaan dini.

Vitamin E merupakan kumpulan beberapa senyawa larut lemak yang mempunyai sifat antioksidan. Ada delapan bentuk yang berbeda, termasuk empat tocopherol dan empat tocotrienol, yang masing-masing mempunyai tingkat potensi yang unik di dalam tubuh.

Manfaat Vitamin E

Manfaat Vitamin E

Sumber Vitamin E

Vitamin E dapat Anda dapatkan dengan mudah dari bahan makanan yang berminyak atau sayuran. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah. Beberapa sayuran yang banyak mengandung vitamin E adalah minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. 

Namun jika Anda ingin praktis, kini sudah banyak vitamin E yang diproduksi dalam bentuk kapsul atau pil sehingga lebih memudahkan Anda dalam mendapatkannya. Vitamin E dalam bentuk kapsul atau pil banyak dijual di apotik atau toko obat-obatan.

  • Dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet yang berbahaya dan tetap membuatnya tampak lebih muda dan sehat.
  • Dapat melindungi kesehatan kulit dan mengurangi bekas luka pada kulit.
  • Vitamin E dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas yang sangat berbahaya, polusi dan obat-obatan karena mengandung antioksidan yang kuat.
Selain sangat bagus untuk kulit, vitamin E juga baik untuk rambut. Kesehatan kulit kepala sangat mempengaruhi pertumbuhan dan tekstur rambut. Kulit kepala membutuhkan pasokan darah yang cukup untuk menjaga folikel rambut tetap hidup dan sehat. Karena vitamin E dapat memperlancar sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga, maka rambut Anda akan lebih sehat dan indah. Kesehatan kulit juga erat kaitannya dengan tingkat produksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit.