Cara Mengatasi Wajah Kusam Dengan Bahan Alami



Memiliki wajah kusam memang akan membuat kita terlihat tidak segar dan seperti tidak pernah di rawat. Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam tersebut tidaklah sulit, Anda dapat mencoba proses melepaskan lapisan luar kulit yang sudah kusam atau yang disebut dengan Eksfoliasi. 

Dengan melakukan eksfoliasi, kulit Anda akan terlihat lebih segar karena sel-sel kulit yang telah mati digantikan oleh sel-sel kulit baru sehinga dapat mengembalikan kecantikan alami. Setelah melakukan pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati tersebut, bisanya kulit kita akan terlihat bersemu pink dan lebih segar.

Cara Mengatasi Wajah Kusam

Cara Mengatasi wajah

Tentu saja Anda tidak menginginkan kulit menjadi kusam bukan? Kulit kusam bisa terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya, kusut, dan lusuh. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kulit kusam tersebut, diantaranya adalah diet yang salah, gaya hidup yang kurang sehat, kurang tidur, dan polusi udara di sekitar kita.

Seperti yang telah diulas diatas, Anda dapat mengatasi kulit kusam dengan cara eksfoliasi. Cara pengelupasan kulit tersebut tidaklah mahal dan dapat Anda lakukan dengan mudah dirumah. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja setiap hari maka wajah Anda akan kembali bersih dan lebih segar.

Anda dapat melakukan eksfoliasi menggunakan bahan alami buah-buahan yang memiliki kandungan asam tinggi. Karena dengan adanya kandungan asam yang tinggi dapat membantu meregenerasi kulit. Buah yang cocok untuk eksfoliasi diantaranya adalah pepaya, nanas dan jeruk nipis. Langsung saja berikut ini cara meramunya seperti yang dikutip dari vemale.com. 

Masker Pepaya
  • Hancurkan 200 gram pepaya yang telah matang kemudian taburkan 1 sendok teh gula di dalamnya.
  • Oleskan pada seluruh bagian wajah sambil pijat lembut.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  • Terakhir bersihkan dengan air dingin.
Masker Nanas
  • Hancurkan 200 gram nanas dengan 1 sendok teh gula pasir.
  • Setelah tercampur rata, Anda dapat mengoleskan pada seluruh permukaan wajah sambil dipijat lembut.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  • Terakhir bersihkan dengan air dingin.
Masker Jeruk Nipis
  • Potong-potong jeruk nipis
  • Kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  • Terakhir bersihkan dengan air dingin.
Lakukan perawatan diatas secara rutin 1 kali dalam seminggu maka wajah Anda lebih segar dan lembab serta tidak kusam lagi. 

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan setelah melakukan proses eksfoliasi, yaitu moisturizing. Anda dapat menggunakan moisturizer berbahan dasar air atau menggunakan mentimun jika ingin memakai bahan alami. 

Mengatasi wajah kusam menggunakan bahan alami seperti halnya cara memutihkan kulit, membutuhkan ketelatenan untuk melakukan perawatan tersebut. Karena bahan alami tidak dapat memberikan perubahan secara instan, namun hasil akhirnya tidak jauh berbeda dengan kosmetik modern. Selamat mencoba!