Cara Memilih Cream Pemutih Wajah yang Aman



Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui dalam memilih cream pemutih wajah yang baik. Harga tidak menjadi jaminan, murah belum tentu murahan dan begitu juga sebaliknya. Ada cream yang murah namun bagus dan aman. Ada juga cream yang mahal namun memiliki efek samping yang menyebabkan wajah merah atau iritasi.

Cream pemutih berbahaya biasanya mengandung merkuri, yaitu bahan kimia yang sudah dilarang penggunaannya karena dapat menyebabkan kerusakan permanen lapisan kulit, kerusakan sistem saraf, gagal ginjal, kerusakan otak hingga berbagai kanker.

Cream Pemutih Wajah

Cream Pemutih Wajah

Lantas bagaimana memilih cream pemutih wajah yang aman? Berikut ini ciri-ciri cream pemutih wajah berbahaya yang wajib Anda ketahui seperti yang dikutip dari vemale.com:

Tidak Ada Izin BPOM

Tentu saja cream yang berbahaya tidak ada izin BPOM karena mengandung bahan-bahan berbahaya. Sebaiknya tanyakan apakah ada izin BPOM sebelum membeli cream pemutih wajah. Untuk memastikan, sebaiknya periksa nomor BPOM yang diberikan pada situs resmi BPOM.

Tidak Tercampur Rata dan Lengket

Cream pemutih wajah abal-abal biasanya lengket dan tidak tercampur rata. Sehingga ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan.

Warna Cream Mengkilap

Anda juga harus waspada ketika menemukan cream pemutih wajah yang mengkilap. Karena seringkali pewarna yang digunakan adalah pewarna berbahaya.

Memiliki Bau Menyengat

Cium aroma cream pemutih wajah, jika memiliki aroma logam maka Anda patut waspada. Biasanya produsen memberikan aroma parfum yang tajam untuk menyamarkan bau logam tersebut.

Panas, Perih dan Gatal Saat Dipakai

Jika cream pemutih wajah yang Anda pakai terasa panas, perih, gatal dan memerah maka kemungkinan cream tersebut mengandung bahan keras yang tidak cocok untuk kulit.

Kulit Merah Saat Kena Matahari

Pada kulit yang sehat, tidak akan merah jika terkena sinar matahari karena memiliki pelindung alami. Jika kulit Anda merah ketika terkena sinar matahari, kemungkinan lapisan pelindung kulit Anda telah rusak.

Kulit Terlihat Putih Pucat Tidak Alami

Putih yang dihasilkan cream pemutih berbahaya biasanya sangat putih pucat tidak alami. Sedangkan cream pemutih yang aman hasilnya putih cerah atau putih normal.

Dapat Memberikan Hasil Dalam Waktu Singkat

Jika cream pemutih wajah memberikan hasil yang sangat cepat dalam hitungan hari atau minggu biasanya mengandung merkuri atau hidrokuinon. Memang pada awalnya kulit Anda akan terlihat bagus, pori-pori mengecil, halus dan bebas jerawat. Namun lama-kelamaan lapisan kulit Anda akan rusak dan menimbulkan masalah kesehatan akut.

Menimbulkan Ketergantungan Pemakaian

Biasanya cream yang berbahaya menimbulkan ketergantungan untuk terus memakainya. Jika Anda menghentikan pemakaian biasanya wajah akan tampak menggelap.

Baca : Cara Mengatasi Ketergantungan Cream Dokter

Oleh sebab itu teliti sebelum membeli cream pemutih wajah. Jangan mudah tergoda dan tergiur dengan hasil instan. Terus cari informasi seputar cream berbahaya sehingga Anda dapat mencegah sejak dini dari kerusakan kulit wajah yang lebih parah.