Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah



Ada banyak sekali metode dan cara menghilangkan komedo pada wajah. Diantaranya adalah dengan scrubbing, laser, menggunakan krim malam atau dengan peeling. Tentu saja perawatan tersebut mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Lantas adakah cara menghilangkan komedo dengan cara yang mudah dan murah? Daripada pusing memikirkan biaya mahal untuk perawatan di salon kecantikan, sebaiknya Anda mencoba beberapa tips alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Perawatan wajah sangat penting agar selalu bersih dan sehat. Jika wajah tidak dirawat dengan baik maka kotoran dan sel-sel kulit mati akan menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya komedo. Jika komedo tidak segera diatasi dan terjadi peradangan, maka akan muncul jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Untuk bebas dari masalah komedo, Anda tidak harus pergi ke salon mahal. Cukup dengan beberapa perawatan mudah Anda sudah dapat terbebas dari komedo. Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan dirumah.

Bersihkan Wajah 2-3 Kali Sehari
Bersihkan wajah dua sampai tiga kali sehari dari sisa make up, kotoran, debu polusi udara serta sel-sel kulit mati untuk mencegah semakin banyak komedo. Jika wajah bersih maka komedo akan bekurang.

Lakukan Scrub
Gunakan scrub khusus wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat digantikan sel-sel kulit baru. Karena sel-sel kulit mati dapat memperburuk komedo jika tidak segera dibersihkan. Lakukan scrub pada area dahi, hidung dan dagu secara rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Gunakan Handuk Hangat
Selain dengan scrub, Anda dapat menghilangkan komedo dengan handuk hangat. Celupkan handuk yang memiliki tekstur lembut pada air panas. Diamkan satu sampai dua menit, kemudian gosok pada wajah secara perlahan.

Gunakan Alat yang Higienis
Komedo memang tidak bisa hilang begitu saja, harus dikeluarkan dari pori-pori kulit agar tidak terjadi jerawat. Untuk mengeluarkan komedo, sebaiknya gunakan alat yang steril dan bersih. Karena saat ini sudah ada alat khusus untuk mencabut komedo. Namun jangan memencet dengan tangan, karena dapat menyebabkan iritasi dan resiko terkena bakteri dari tangan.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Alami

Selain perawatan wajah yang tepat, Anda dapat mengatasi komedo dengan menggunakan masker alami yang banyak terdapat disekitar kita. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan:

Masker Putih Telur
Caranya: Pisahkan putih telur dan kuningnya, kemudian ambil putih telur dan kocok bersama dua sendok makan madu segar. Oleskan kombinasi kedua bahan tersebut pada wajah. Diamkan hingga mengering di wajah, kurang lebih selama 20 hingga 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

Masker Sari Jeruk Nipis
Caranya: Peras jeruk nipis kemudian gunakan perasan sari jeruk nipis untuk membersihkan pori-pori kulit wajah. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Gunakan Tea Tree Oil
Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat, tea tree oil juga dapat mengatasi komedo. Oleskan pada daerah T, pipi dan dagu, karena daerah tersebut merupakan tempat munculnya komedo dan jerawat.

Basuh Dengan Teh
Basuh wajah dengan air teh dua kali dalam seminggu. Teh mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mengatasi komedo, membuat kulit lebih segar dan lembut.

Gunakan Baking Soda
Caranya: Ambil dua sendok makan baking soda dan campurkan dengan sedikit air. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada permukaan wajah yang berkomedo. Diamkan kurang lebih selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.