6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara Maksimal



Cara mengatasi wajah berminyak tidaklah terlalu sulit. Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang banyak disekitar kita sebagai masker wajah.

Memiliki jenis kulit berminyak rentan sekali dengan masalah jerawat. Karena produksi minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori kulit. Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, maka penyumbatan tersebut dapat menjadi komedo atau jerawat.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak 

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Kondisi wajah yang kotor karena debu dan polusi, jika bercampur dengan minyak berlebih maka dapat membuat wajah terlihat kusam. Oleh sebab itu perawatan secara rutin wajib dilakukan agar wajah terlihat bersih. Berikut ini beberapa tips untuk merawat dan mengatasi wajah berminyak.

Cara Merawat Wajah Berminyak

1. Jangan Mengusap Wajah Dengan Tangan
Ketika wajah mulai berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak untuk mengusap wajah. Caranya cukup tepuk-tepukkan pada wajah. Jangan mengusap wajah dengan tangan karena dapat menyebabkan iritasi atau merusak make up yang Anda pakai.

2. Cuci Wajah Dengan Sabun Khusus Berminyak
Jangan gunakan sabun sembarangan saat mencuci wajah, gunakan sabun khusus berminyak. Cuci wajah dua kali sehari dengan sabun khusus tersebut.

3. Batasi Penggunaan Tabir Surya
Tabir surya yang berlebihan dapat menyebabkan wajah semakin berminyak, oleh sebab itu batasi penggunaannya.

4. Gunakan Bedak Tabur
Bedak tabur sangat cocok untuk wajah berminyak. Jangan gunakan bedak padat karena dapat menyumbat pori-pori kulit dan dapat menyebabkan jerawat.

5. Gunakan Cream Malam
Cream malam diperlukan untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

6. Gunakan Scrub dan Masker
Pilihlah scrub dan masker yang sesuai dengan sensitivitas kulit Anda karena setiap wanita memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Jika ingin lebih aman, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk masker wajah berminyak.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Masker Alami

  • Masker pisang, ambil pisang kemudian haluskan. Setelah itu oleskan pada permukaan wajah dan leher secara merata. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bersihkan. Anda dapat menambahkan madu jika berjerawat.
  • Masker lemon, ambil lemon kemudian peras. Tambahkan madu pada perasan air lemon tersebut kemudian oleskan pada wajah dan leher. 
  • Masker apel, haluskan beberapa potong buah apel kemudian haluskan. Tambahkan madu dan air mawar pada potongan apel yang telah halus. Aplikasikan secara merata pada wajah dan leher. 
  • Masker pepaya, haluskan pepaya untuk dioleskan pada wajah dan leher. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan.
Merawat lebih baik dari pada harus mengobati. Jadi rawatlah wajah berminyak Anda secara maksimal sebelum jerawat atau masalah kulit lain muncul. Selamat mencoba!